NEWS ANALYSIS BANJARMASIN POST 21 November 2022

BANYAK VARIABEL TAK TERAKOMODASI

HIdayatullah Muttaqin – Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan FEB ULM

 

Kementerian Ketenagakerjaan menerbitkan aturan baru mengenai perhitungan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2023 melalui Permenaker No. 18 2022. Selain inflasi, Permenaker baru ini juga memasukkan komponen Pertumbuhan Ekonomi dalam formulasi UMP. Menurut Menteri Ida Fauziyah, Permenaker tersebut merupakan jalan tengah bagi pengusaha dan buruh.

Formulasi UMP yang baru ini juga membatasi angka maksimal penyesuaian 10%. Dengan demikian kenaikan UMP Kalsel tahun 2023 maksimum Rp3.197.120,- dari Rp2,906.473 UMP 2022.

Pada dasarnya tingkat upah tidak dapat disamaratakan angka minimumnya berapa. Karena hal itu sangat bergantung bidang pekerjaan, skill dan kompetensi yang dibutuhkan, sektor ekonomi atau jenis lapangan usahanya, serta bagaimana tingkat permintaan tenaga kerja dari dunia usaha dan penawaran dari rumah tangga itu sendiri.

Begitu pula pertumbuhan sektor-sektor ekonomi berada pada level yang tidak sama sehingga UMP dapat saja diterima dengan mudah pada suatu sektor tetapi tidak di lapangan usaha lainnya. Kondisi-kondisi seperti inilah yang ke depannya juga perlu dipertimbangkan dalam menetapkan UMP.

Perekonomian Kalimantan Selatan sendiri mulai membaik dari 2021 seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19. Tahun 2022 ini, aktivitas sosial-ekonomi masyarakat sudah kembali pulih sehingga dalam 4 kuartal terakhir, rata-rata Pertumbuhan Ekonomi berada di level 5%.

Hanya saja, pemulihan ekonomi terganggung dengan inflasi yang didorong oleh kenaikan harga bahan makanan dan BBM. Inflasi kalender Januari-Oktober di Kalsel sudah mencapai 5,83%. Akibatnya laju pemulihan daya beli masyarakat juga tertahan. Kenaikan upah pada sektor yang tumbuh di satu sisi akan membantu perbaikan daya beli tersebut, tetapi di sisi lain jika tidak tepat kebijakannya kenaikan upah di sektor yang masih lambat pertumbuhannya akan semakin menekan dunia usaha.

About The Author:

Hidayatullah Muttaqin adalah dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, anggota Tim Pakar Covid-19 ULM dan Tim Ahli Satgas Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020-2022. Email: hidayatullah@taqin.id 

Published On: 22 November 2022Categories: Media CetakTags: , , ,